Mengenal Jquery Java Script Library

Written By ferdiyanto on Sunday, November 2, 2014 | 12:05 AM

Share this history on :
Apa itu jQuery ?

Saya juga bingung, menurut dari suber wikipedia jquery adalah adalah pustaka JavaScript kecil bersumber terbuka yang menekankan pada interaksi antara JavaScript dan HTML. Pustaka ini dirilis pada Januari 2006 di BarCamp NYC oleh John Resig dan berlisensi ganda di bawah MIT dan GPL.

Jadi merurut pengamatan penulis pada intinya Jquery adalah kumpulan scrip java yang dikumpulkan jadi satu dengan berbagai fungsi sehingga dapat memperpendek code program yang akan dibuat. Sehingga dalam pembuatan web ataupun aplikasi berbasis web tidak perlu menulis code progam yang begitu banyak, melaikan cukup memanggi fungsi - fungsi java yang sudah ada dalam jquery tersebut.

Untuk menjalankan jquery kita perlu mendownload versi terbaru dari jquery. Untuk saat ini pada saat penulis membuat artikel ini adalah versi 2.1.1 anda juga bisa cek versi terbaru di website resminya di jquery.com . Setelah di download anda bisa meletakkan libray jquery dalam satu folder, kemudian kita baru membuat kode html. 

Untuk memanggil directory jquery biasa kita memnyematkan scrip diantara code <head></head>

contoh :
<head>
<script src="jquery-2.1.1.min.js"></script>
</head>
<body>
kode program anda....
</body>

Jekian dulu perkenalan tentang jquery, penulis dalam hal ini baru mulai belajar tentang jquey sehingga mohon koreksi jika ada kesalahan. Untuk contoh progam menggunakan jQuery penulis akan coba di artikel berikutnya. 

0 comments:

Post a Comment

Share this history on :